Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen

Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen. Mari NGEtrip kali ini akan berbagi tips dan trik cara menikmati fenomena blue fire di Kawah Ijen. Karena dari cerita Mbak Nevyta kemaren (Baca : Menikmati Panorama Kawah Ijen Banyuwangi) sayang sekali mereka belum bisa menyaksikan fenomena api biru yang terkenal itu. Maka dari itu di sini saya akan berbagi sedikit tips bagi teman-teman yang akan NGEtrip ke Kawah Ijen supaya bisa menyaksikan blue fire.

Foto By : NusantaraTrip.com

1. Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen yang pertama adalah menentukan jadwal pendakian yang tepat. Blue Fire muncul diantara celah celah bebatuan antara pukul 01.00-02.00 WIB, fenomena ini akan perlahan tak terlihat saat matahari mulai terbit. Biasanya, ratusan orang akan berkumpul di Kawah Ijen untuk melihat fenomena ini, kemudian dilanjutkan melihat indahnya matahari terbit. Sedangkan perjalanan menuju Kawah Ijen memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Banyuwangi sampai di pos pendakian Paltuding. Dari Paltuding berlanjut treking menuju puncak gunung Ijen dengan waktu tempuh antara satu setengah hingga dua jam perjalanan sesuai kondisi fisik masing2.

2. Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen berikutnya adalah Untuk menuju bawah Kawah Ijen demi melihat api biru maka disarankan menyewa seorang pemandu setempat yang berpengalaman. Mereka hapal pijakan batu yang aman dan waktu serta lokasi terbaik untuk foto. Selain peralatan treking yang ringan dan bekal air minum, jangan lupa membawa sapu tangan basah atau masker penutup hidung yang sangat diperlukan di sini karena seringkali arah angin membawa asap menuju ke jalur penurunan. Tanpa masker, di sekitar lokasi penambangan maka Anda akan selalu dipaksa memunggungi kawah.

3. Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen yang ketiga adalah demi alasan keamanan, pendakian dari Paltuding ditutup selepas pukul 14.00 karena pekatnya asap dan kemungkinan arah angin yang mengarah ke jalur pendakian. Idealnya pendakian dilakukan pagi hari sebelum belerang naik. Jika mendaki di atas pukul 10.00 maka kecil kemungkinan bisa melihat kawah secara utuh. Barang sebentar asap membekap sebelum akhirnya terusir angin dan sebagian kawah tersingkap. Begitulah hal tersebut berulang terjadi.

Foto By : cunicandrika.com

4. Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen yang keempat adalah apabila Anda berniat berpetualang lebih jauh maka dapat mengelilingi kaldera di kawasan ini tetapi persiapkan fisik dan perlengkapan trekking yang lengkap karena perjalanan memakan waktu mencapai 8 hingga 10 jam berjalan kaki.

5. Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen yang kelima taatilah rambu-rambu demi keselamatan Anda, terutama untuk tidak turun ke pinggiran kawah karena keselamatan menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Foto By : Nevyta

6. Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen yang terakhir apabila Anda ingin memfoto para penambang belereng di sekitar kawah atau saat pendakian maka jangan mengarahkan kamera langsung ke wajah. Kalaupun ingin mengambil foto close up maka sebaiknya lakukan dari jarak jauh dengan lensa tele. Tidak ada salahnya Anda menyediakan sebungkus rokok atau kembang gula untuk media pergaulan saat berbaur dengan penambang tersebut.

Foto By : Nevyta


Nah itu beberapa Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen yang keempat semoga teman-teman yang ingin NGEtrip ke Kawah Ijen bisa menikmati dan jangan lupa jaga keselamatan dan jaga kebersihan. Lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

1 Response to "Tips Menikmati Blue Fire Di Kawah Ijen"

  1. Yuk wisata ke Banyuwangi, have fun dan seru-seruan bareng kawan baru dan tentunya murah. mengunjungi Kawah Ijen + Bluefire, Taman Nasional Baluran, Snorkeling Pulau Menjangan, Greenbay / Teluk hijau, Pantai Pulau Merah. Cek link berikut http://triptr.us/dzw9 atau call /WA 082245427800
    kami siap melayani paket privat trip Banyuwangi.

    BalasHapus