Air Terjun Goa Tetes, Wisata Unik Di Lumajang

Air Terjun Goa Tetes, Lumajang. Assalamaualaikum trip-er. Sudah pernah NGEtrip ke Lumajang kah? Kalau belum, Mari NGEtrip ke Lumajang deh, di sini banyak juga tempat-tempat wisata yang keren. Diantaranya ada Air Terjun Tumpak Sewu dan Air Terjun Goa Tetes yang lokasinya berdekatan. Untuk postingan kali ini kita bahas dulu ya Air Terjun Goa Tetes. Dari namanya saja sudah unik, Air Terjun Goa Tetes, ini sebenarnya air terjun apa goa ya? Daripada penasaran langsung saja kita bahas di mari.

Air Terjun Goa Tetes, Lumajang
Foto By : Deni

Air Terjun Goa Tetes, Lumajang
Foto By : Deni
Air Terjun Goa Tetes adalah tempat wisata di Kota Lumajang yang berupa perpaduan antara goa dan air terjun. Goa Tetes sendiri memiliki keunikan berupa stalagtit dan stalagmit yang beraneka ragam warnanya yang membuatnya terlihat eksotis. Dan lagi tebing-tebing batu yang terbentuk di Goa Tetes ini berlapis dengan belerang sehingga menghasilkan warna kuning keemasan yang sangat unik. Apalagi dipadu dengan hijaunya lumut sehingga terlihat alami dan mengesankan.

Air Terjun Goa Tetes, Lumajang
Foto By : Deni
Air Terjun Goa Tetes secara administratife terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Air Terjun Goa Tetes berada sekitar 55km arah selatan dari Kota Lumajang yang dapat ditempuh dengan mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat. Goa Tetes terletak di perbatasan Lumajang-Malang yang bisa ditempuh menggunakan angkutan bus antar kota dari terminal Arjosari di Kota malang dengan tarif sekitar Rp.10.000,-,dengan perjalanan sekitar 2 jam. Karena letaknya yang dekat dengan perbatasan sebelah barat kabupaten Lumajang,maka akan lebih dekat jika chekpoint untuk menuju kesini lewat kota Malang. Dari jalan besar kita bisa berjalan kaki ± 1 km menuju lokasi goa tetes,setengah jalan menuju lokasi merupakan turunan curam dengan tangga batu yang lumayan baik,sehingga cukup mudah untuk mencapai lokasi,tetapi untuk kembali kita membutuhkan tenaga ekstra karena harus naik cukup tinggi. Bila anda menggunakan kendaraan pribadi tidak usah kuatir karena di sini juga tersedia jasa penitipan kendaraan dengan biaya sekitar 3.000 untuk kendaraan roda dua. Biaya masuk ke Air Terjun Goa Tetes adalah sebesar Rp. 2000 per orang, sangat murah bukan. Di sepanjang perjalan menuju Air Terjun Goa Tetes juga sudah terdapat banyak warung maupun tempat istirahat apabila Anda lelah.


Air Terjun Goa Tetes, Lumajang
Foto By : Deni
Di Air Terjun Goa Tetes terdapat puluhan air terjun mengalir dari puluhan mata air yang tersembunyi di balik bebatuan. Air disini tidak sekedar menetes tetapi memancar deras dan membentuk banyak alur air  terjun,bahkan air terjun lebih dominan untuk dilihat karena Goa Tetes sendiri berukuran tidak terlalu besar. Bebatuan disini terbentuk dari endapan kapur,karena itu bebatuan disini relatif tidak licin sehingga mudah untuk dipanjat sekalipun berlumut,tetapi saya sarankan untuk tetap berhati-hati saat memanjat. 

Air Terjun Goa Tetes, Lumajang
Foto By : Deni
Bagaimana trip-er, keren kan Air Terjun Goa Tetes ini? Sekian dulu ya review mengenai Air Terjun Goa Tetes di Lumajang, berikutnya kita bahas surge tersembunyi lainnya di Lumajang yaitu Air Terjun Tumpak Sewu. Mari NGEtrip dan jaga keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

2 Responses to "Air Terjun Goa Tetes, Wisata Unik Di Lumajang"

  1. Butuh referensi lain, kunjungi blog saya gan... makasih
    http://sahabatarjun.blogspot.co.id/2016/08/petualangan-ke-goa-tetes-dan-tumpak-sewu.html?m=1

    BalasHapus