Pesona Kawah Putih Tinggi Raja

Pesona Kawah Putih Tinggi Raja. Asslamualaikum trip-er, postingan kali ini Mari NGEtrip ingin mengajak trip-er  semua NGEtrip ke Sumatera, Sumatera Utara. Tepatnya di Kabupaten Simalungun. Di tempat ini ada sebuah tempat wisata yang sangat mempesona. Jika di Jawa Barat ada Kawah Putih Ciwedey, di sini kita punya Kawah Putih Tinggi Raja yang tidak kalah mempesona dengan Kawah Putih Ciwedey.

Kawah Putih Tinggi Raja Wisata Indonesia
Foto By : Kabar Siantar

Kawah Putih Tinggi Raja terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jarak Kawah Putih Tinggi Raja kurang lebih sekitar 80- 90 km dari Kota Medan yang bias ditempuh sekitar 3 sampai 4 jam. Ruten untuk menuju Kawah Putih Tinggi Raja dengan titik point dimulai dari Bandara Udara Kuala Namu Medan, kita ambil arah menuju Pakam. Sesampai Lubuk Pakam ambil arah Dolok Masihul – Galang. Ketika ketemu tugu di perempatan Kota Lubuk Pakam, langsung putar setir berbelok ke kanan (arah Dolok). Nah gak jauh dari sini (sekitar belasan kilometer) nanti ketemu pertigaan yang kalau belok ke kanan akan menuju arah Galang. Setelah belok kanan, ikuti saja jalannya sampai menuju pertigaan lalu belok ke kiri yang nantinya akan menuju Tinggi Raja. Perjalanan ke lokasi wisata ini dapat menggunakan kenderaan sepeda motor atau mobil dengan kelengkapan Off Road, 4WD (gerdang dua), karena kondisi jalan terjal dan berlubang penuh batu kerikil, selama perjalanan anda disuguhi pemandangan alam yang masih asri dan jalan yang berkelok kelok.

Foto By : Erik

Kawah Putih Tinggi Raja ini belum terekplorasi dengan baik, berada di tengah-tengah kawasan hutan pohon yang tinggi-tinggi membuat obyek wisata ini belum sangat dikenal. Kawah Putih Tinggi Raja yang terdapat di cagar alam seluas 176 hektare dan memliki lahan kawah seluas 4 hektare ini bagai mutiara di dalam lumpur. Tidak dapat dipercaya di tengah-tengah lebatnya hutan dan jalan untuk menuju kawah yang tidak begitu mulus terdapat keindahan yang mengagumkan, pengunjung pun akan dibuat terpesona dengan keindahan bukit putih kapur dan aliran air panas yang keindahanya menyerupai putih salju. Kawah Putih Tinggi Raja terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang sehingga membentuk bukit kapur putih seperti bukit bukit salju dengan luas mencapai 30 Ha. Sumber air panas di sini bisa mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius, sehingga air panas itu bisa untuk merebus telur hingga matang. Aliran air panas mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, peristiwa ini menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sebagian orang menyebutnya dengan Salju Panas. Itulah yang menjadi daya tarik dari tempat ini.

Kawah Putih Tinggi Raja Wisata Indonesia
Foto By : Erik

Pesona Kawah Putih Tinggi Raja ini dapat disandingkan dengan Kawah Putih Ciwidey, hanya saja karena akses jalan yang masih sulit yang membuat lokasi ini masih belum se-tenar Ciwidey. Namun begitu tetap recommended lah bagi yang ingin NGEtrip ke Sumatera Utara. Sekian dulu pembahasan kali ini tentang Kawah Putih Tinggi Raja. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.