Pantai Baron GunungKidul, Pertemuan Antara Air Asin Dan Air Tawar

Pantai Baron GunungKidul, Pertemuan Antara Air Asin Dan Air Tawar. Assalamualaikum trip-er, lama tidak posting nih ya Mari NGEtrip. Kali ini Mari NGEtrip mendapat kiriman foto lagi dari Mas Deni yang sudah lama tidak berbagi foto NGEtripnya. Mas Deni kali ini NGEtrip ke Jogja tepatnya ke daerah GunungKidul, yaitu ke Pantai Baron. Pantai Baron ini termasuk salah satu dari pantai-pantai indah yang ada di GunungKidul ( Baca : 16 Pantai Indah Di Gunung Kidul, Yogyakarta).

Pantai Baron Wisata Indonesia Mari NGEtrip
Foto By : Deni

Pantai Baron adalah salah satu obyek wisata berupa pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta dengan kondisi jalan yang cukup baik untuk dilalui kendaran roda dua maupun roda empat, bahkan bisa dilalui bus pariwisata juga. Untuk menuju ke lokasi Pantai Baron, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan taksi, bus umum, atau kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Anda yang hendak ke Pantai Baron dengan menggunakan kendaraan umum, jalur kendaraan umum yang dapat Anda tempuh adalah:
  1. Dari Stasiun Tugu menuju Terminal Giwangan ditempuh dengan bus Trans-Jogja jurusan 1A, di shelter Bandara Adisucipto Anda harus pindah bus jalur 3B—jalur bus yang menuju Terminal Giwangan. Biaya sekali jalan adalah Rp 3.000,00-. Dari Bandara Adisucipto, Anda dapat langsung naik bus Trans-Jogja jalur 3B langsung ke Terminal Giwangan. Ongkos bus dari bandara ke Terminal Giwangan adalah Rp 3000,00-. Sesampainya di Terminal Giwangan, Anda dapat naik minibus jurusan Yogyakarta-Wonosari dengan jarak tempuh antara 1 hingga 2 jam. Setelah sampai di Wonosari, perjalanan dilanjutkan dengan minibus yang menuju Pantai Baron.
  2. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat memilih dua jalur, pertama melewati jalan Wonosari, dan yang kedua melewati Imogiri. Jalan Wonosari memiliki akses yang lebih mudah karena jalur inilah yang sering dilalui oleh para wisatawan jika hendak menuju pantai selatan Gunung Kidul Jogja. Namun jika Anda menginginkan jalur yang berbeda dari biasanya, Anda ambil jalur Imogiri, jalur ini terkenal agak sepi dan menyajikan pemandangan yang tidak kalah indah, namun lebar jalan lebih sempit dibandingkan jalur jln Wonosari. Perlu dipertimbangkan kesiapan kendaraan Anda jika melewati jalur ini, karena ketersediaan bengkel dipinggir jalan sangat-sangat jarang adanya.

Nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan jaman dahulu yaitu Baron Skeber, bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron.

Pantai Baron Wisata Indonesia Mari NGEtrip
Foto By : Deni

Seperti pantai lainnya, di Pantai Baron tersedia aneka ikan laut beserta olahannya. Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol. Pantai Baron juga memiliki fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cinderamata.

Pantai Baron Wisata Indonesia Mari NGEtrip
Foto By : Deni

Dan yang unik dari Pantai Baron yang tidak dimiliki pantai lainnya adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan di sisi sebelah barat Pantai Baron yang entah muncul dari mana. Sungai yang hanya sepanjang beberapa ratus meter ini bermuara tepat di pinggir pantai. Uniknya air sungai ini rasanya tawar  meskipun berada sangat dekat dengan laut sehingga menyajikan pemandangan unik saat air tawar dan air laut saling menyapa satu sama lain. Trip-er yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai tersebut. Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai. Trip-er  dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

Pantai Baron Wisata Indonesia Mari NGEtrip
Foto By : Deni


Sekian dulu review tentang Pantai Baron di GunungKidul yang memiliki keunikan tersendiri. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam Indonesia!.

Related Posts:

0 Response to "Pantai Baron GunungKidul, Pertemuan Antara Air Asin Dan Air Tawar"

Posting Komentar