Keindahan Air Terjun Matayangu yang Memukau

Keindahan AirTerjun Matayangu yang Memukau. Assalamualaikum trip-er, apa kabar nih? Semoga baik yah. Pada kesempatan kali ini, Mari NGEtrip akan mencoba memberi ulasan tentang salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara Timur tidak hanya berisi padang savana dan pulau komodo serta laut-laut yang keren saja. Namun banyak juga air terjun yang masih alami yang lokasinya lumayan tersembunyi di dalam hutan. Salah satunya adalah Air Terjun Matayangu. Berikut review tentang Air Terjun Matayangu.
Foto By : Ali

Air Terjun Matayangu terletak di Desa Waimanu, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Matayangu berarti "BERHENTI DISINI". Kawasan ini merupakan kawasan Taman Nasional dan merupakan tempat keramat dan digunakan untuk beribadah bagi orang Marapu. Konon, dipercaya bahwa kawasan ini merupakan tempat peristirahatan arwah para leluhur. Air Terjun Matayangu berjarak tempuh sekitar 2 jam dari ibukota Waikabubak dengan berkendara. Dari Kupang perjalanan dilakukan dengan menggunakan pesawat ke Waingapu dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Selanjutnya dari Waingapu perjalanan dilanjutkan dengan berkendara selama sekitar 2 jam menuju Waikabubak. Setelah sampai di Waikabubak perjalanan di teruskan menuju ke lokasi Taman Nasional Manupe sekitar 3 jam. Untuk mencapai Air Terjun Matayangu, trip-er juga harus melakukan tracking ke dalam hutan selama kurang lebih 1 jam. Kondisi trackingpun juga bisa dikatakan lumayan sulit dengan jalan yang naik turun. Namun bisa dipastikan lelah selama perjalanan akan terbayarkan ketika sudah sampai di air terjun.
Foto By : Ali

Air Terjun Matayangu memiliki ketinggian sekitar 75 m yang keluar dari goa. Bahkan dikala musim penghujan selain dari air yang keluar dari goa, airnya juga berasal dari sungai di atasnya dengan ketinggian menacapai kurang lebih 130 m dari dasar air terjun. Selain indah, Air terjun Matayangu juga menawarkan pemandangan eksotis yang aduhai berupa susunan bebatuan yang membentuk kolam-kolam kecil yang dapat digunakan untuk mandi, berendam dan berfoto ria.
Foto By : Ali


Itulah review tentang Air Terjun Matayangu, bila trip-er sedang ngetrip ke NTT, sempatkan untuk ke Air Terjun Matayangu. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

1 Response to "Keindahan Air Terjun Matayangu yang Memukau"

  1. wah air terjunya biru gitu... oh arti mayatangu itu berhenti disini.


    www.travellingaddict.com

    BalasHapus