Pantai Patuk Gebang | Keindahan Tersembunyi di Balik Bukit

Assalamualakum TRIPers, ini posting pertama saya. Saya akan mengulas sedikit tentang salah satu pesona alam Indonesia yaitu Pantai Patuk Gebang. Langsung aja ya MariNGEtrip :)
Foto By : Me

Pantai Patuk Gebang terletak di provinsi Jawa Timur, tepatnya di kecamatan TanggungGunung Kabupaten TulungAgung. Ya memang TulungAgung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak pantai-pantai indah, termasuk pantai-pantai yang belum terekspose luas. Salah satunya adalah Pantai Patuk Gebang ini.

Untuk rute menuju Pantai Patuk Gebang ini adalah saya berangkat dari Kediri, kemudian mengarah ke TulungAgung 

  • pertama-tama menuju kecamatan Boyolangu, setelah itu lanjutkan perjalanan menuju kecamatan Campur Darat. Waktu yang ditempuh sekitar 30 menit dari kota Tulungagung. 
  • Setelah anda sampai di pasar Campur Darat, terdapat papan petunjuk arah bertuliskan arah lurus ke Trenggalek dan arah kiri ke Tanggunggunung. Ambil arah belok ke kiri, ikuti saja jalan raya sampai bertemu SMA 1 Campur Darat. Setelah melihat SMA 1 Campur Darat, anda akan menemui pertigaan dan terdapat papan petunjuk arah ke kiri menuju Tanggungunung. Belok kiri dan ikuti jalan sampai ketemu kecamatan tersebut. Waktu yang ditempuh kurang lebih 15-30 menit. 
  • Sampai di kecamatan Tanggunggunung, tanya ke penduduk sekitar arah petunjuk menuju pantai Sanggar. Akan lebih mudah jika anda bertanya di mana letak lokasi SMP 1 Tanggunggunung. 
  • Setelah ketemu SMP 1 Tanggunggunung, ambil arah belok kanan dan ikuti saja jalan yang beraspal sampai mentok. 
  • Ketika anda sudah tidak menemui jalan beraspal, anda bisa bertanya ke penduduk sekitar kalau kurang yakin. Anda akan diarahkan terus saja menyusuri jalanan rusak sampai bertemu jembatan yang terdapat petunjuk arah menuju pantai Sanggar. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30-45 menit. 
  • Setelah sampai di desa terakhir, terdapat petunjuk arah bertuliskan pantai Sanggar. Anda mungkin agak ragu dengan petunjuk arah tersebut, karena mengarahkan anda ke jalan yang sangat sempit sekali seperti gang. Jalan tersebut hanya cukup dilewati maksimal 1 mobil. Jika anda membawa mobil, maka kendaraan anda maksimal berhenti di desa terakhir. 
  • Setelah itu anda melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 45-60 menit. Jika membawa motor, anda dapat meneruskan perjalanan dengan kendaraan anda sampai lokasi pantai. Catatan kepada pengendara motor, apabila situasinya sedang hujan maka lebih baik anda titipkan saja motornya di desa terakhir dan lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Karena kondisi jalanan menuju pantai Sanggar adalah tanah liat, lebih aman jika tidak berkendara.

Nah setelah sampai di Pantai Sanggar, ada baiknya anda beristirahat sejenak karena perjalanan ke Pantai Patuk Gebang masih sangat melelahkan,hehe. Pantai Patuk Gebang sebenarnya lokasinya sejajar dengan Pantai Sanggar, namun kedua pantai ini dipisahkan oleh bukit yang hanya bisa dilalui dengan “Jalan Kaki” . Jadi mungkin karena itulah Pantai Patuk Gebang masih sangat minim pengunjungnya.

Setelah istirahat silakan lanjutkan jalan kaki menuju Pantai Patuk Gebang, anda bisa bertanya kepada penjual di warung-warung mengenai arahnya. Jangan lupa membawa bekal yang banyak,hehe. Setelah kurang lebih 1 jam hiking ditambah istirahat, akhirnya sampai juga di Pantai Patuk Gebang, SUBHANAALLAH . .betapa indahnya ciptaan Tuhan. Mungkin itu yang anda katakana ketika melihat Pantai Patuk Gebang ini, airnya yang jernih ditambah pemandangan bukit dan pasir yang indah membuat anda tidak akan puas untuk menikmatinya. Ada tips bagi anda yeng berasal dari jauh, ada baiknya Anda membawa tenda dan bermalam di pantai ini, dijamin tidak akan rugi.

Foto By : Me 
Tidak hanya pantainya saja,namun di sini juga ada sebuah tebing yang anda bisa menaikinya untuk melihat pemandangan sedikit dari atas. Di sinilah tempat yang palling indah untuk menikmati pemandangan Pantai Patuk Gebang. Apabila Anda beruntung, Anda akan melihat deburan ombak menghantam tebing dengan sangat indahnya .
 Foto By : Me 

Foto By : Me

Sudah ya gaes, aku tidak bisa banyak mencertitakan keindahan Pantai Patuk Gebang ini, ada baiknya Anda segera saja NGEtrip ke sana ,hehe. Bila Anda ada yang ditanyakan anda bisa hubungi saya via e-mail,saya akan senang hati membantu dengan GRATIS alias FREE hehe . Jangan lupa ya hati-hati dan tetap jaga keindahan alam Indonesia kita. Salam NGEtrip

Related Posts:

20 Responses to "Pantai Patuk Gebang | Keindahan Tersembunyi di Balik Bukit"

  1. mantap postingan ente.. lanjutkan gan.. jgan lupa bawa kembali sampah nya ya bro untuk yg mau kesana biar asyik diliat

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan pasti :) jaga keindahan alam INdonesia

      Hapus
  2. disana bisa camping gaaa bang ? terus

    BalasHapus
  3. bisa gan,,malah ane sarankan utk camping,,soalnya medannya sulitmmjadi rugi kalo gak camping hehe

    BalasHapus
  4. Mas jalan menuju pathuk gebang ndaki apa datar ?makasih dan kalo ngcamp dimananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik turun gan jalannya,, ngecamp bisa d pantainya atau juga di bukitnya..

      Hapus
  5. Kereeennn jadi pengen kesana....bulan maret kira2 bagus ga ya cuacanya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanya BMKG hehe.. kalo ke sini saya sarankan nge camp atau kemah gitu aja .. :)

      Hapus
  6. misi admin,,mo nanya nih
    klo bawa mobil bisa gak,,,
    trims ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa gan,,kalau bawa mobil harus nyewa ojek motor nanti

      Hapus
  7. klo mau ngecamp parkir motornya gmna mas, apa ada yg 24jam? mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas parkir 24 jam,,tinggal bilang saja sama petugas parkirnya,,petugas parkir warga sekitar juga kok,,

      Hapus
  8. misi mau tanya itu kl bawa mobil diparkir di desa terakhir sebelum pantai sanggar ya? diparkir di rmh penduduk? aman ga ya kira2 soalnya mau camping jg sih rencananya di patuk gebang jd mobilnya bakal semalaman di desa situ. thx before

    BalasHapus
  9. ada sumber air tawarnya gak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dirumah warga sekitar gan..kalau fasilitas seperti toilet umum belum ada

      Hapus