Danau Matano, Salah Satu Danau Purba Di Dunia

Danau Matano, Salah Satu Danau Purba Di Dunia. Assalamualaikum trip-er, apa kabar? kali ini salah satu teman saya akan berbagi pengalamannya NGEtrip ke salah satu danau yang merupakan salah satu danau purba yang terletak di Indonesia yaitu Danau Matano.
Foto By : Erwin Ali

Danau Matano terletak di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau yang diklaim sebagai yang terdalam di Asia Tenggara ini pesonanya gak bisa dipandang sebelah mata. Sorowako mulai terkenal sampai ke luar negeri setelah beroperasinya sebuah perusahaan tambang Nikel yang bertempat di wilayah ini dan diresmikan pada tahun 1977. Tambang Nikel ini merupakan salah satu tambang terbesar di dunia yang berasal dari Brazil dengan nama PT Vale Indonesia Tbk.
Foto By : Erwin Ali

Kabarnya Danau Matano juga merupakan salah satu danau purba yang terletak di Indonesia. Bagi orang yang menyukai olah raga selam, menyelam di danau Matano memiliki jarak pandang yang baik, ini dikarenakan airnya yang sangat jernih. Begitu jernihnya hingga jika kita masih berada tidak jauh dari tepian, kita bisa melihat dasar danau. Di danau ini pula kabarnya masih ditemukan, tumbuhan air dan binatang air yang endemic atau hanya ada di danau Matano.
Foto By : Erwin Ali

Akses menuju Sorowako bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus dan pesawat. Dengan bus ber-AC bertarif Rp 220 ribu/orang dapat ditempuh selama 12 jam perjalanan. Jika ada dana lebih, bisa mencoba naik pesawat dari Makassar menuju Sorowako dengan tarif Rp 1,2 juta/orang, waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Jadwal penerbangan Makassar – Sorowako hanya sekali per hari dengan pesawat kecil Fokker 50 berkapasitas 40 penumpang. Yang sedikit sulit di Sorowako mungkin adalah penginapan yang layak dan memiliki harga yang sesuai. Penginapan bisa dengan mudah kita jumpai di Sorowako. Tapi harga yang harus dibayar seringkali membuat kita mengernyitkan dahi jika kita bandingkan dengan apa yang kita dapatkan.

Foto By : Erwin Ali

Oleh PT Vale Indonesia Tbk, di pinggiran Danau Matano telah dibuatkan beberapa fasilitas untuk menikmati pemandangan danau dan kesegaran airnya. Ada 3 tempat yang telah difasilitasi dan dibuka untuk umum yaitu Pantai Ide, Pantai Impian dan Pantai Salonsa. Untuk masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya begitupun bagi yang ingin berenang di danau., Setiap hari-hari libur, ketiga pantai ini selalu ramai dikunjungi. Selain wisata pantai, para wiasatwan juga bisa menikmati jalan-jalan berkeliling danau dengan menggunakan kendaraan air khas daerah ini yang bernama katinting dan raft. Tidak hanya itu bagi penggemar diving dan selancar, juga bisa menyalurkan hobinya di danau ini karena sudah ada club yang menaunginya.
Foto By : Erwin Ali

Nah demikian review tentang Danau Matono. Terimakasih kami sampaikan pada Mas Erwin yang sudah mau berbagi foto dan penjelasannya tentang Danau Matano. Bagi yang ingi tanya-tanya lebih jelasnya bisa langsung hubungi Mas Erwin langsung bisa melalui Instagram (@ewink_ali) atau melalui Twitter (@ewink_ali)

Bagi teman-teman yang lain yang ingin berbagi cerita juga seperti Mas Erwin, bisa dikirim ceritanya via E-mail : MariNGEtrip@gmail.com. Mari NGEtrip dan terus jaga keindahan alam Indonesia !

Related Posts:

2 Responses to "Danau Matano, Salah Satu Danau Purba Di Dunia"