Curug Panganten, Wisata yang Penuh dengan Mitos

Curug Panganten, Wisata yang Penuh dengan Mitos. Assalamualaikum trip-er, kali ini Mari NGEtrip akan membahas tempat wisata yang penuh dengan mitos, hehe. tempat wisata yang dimaksud adalah Air Terjun atau Curug Panganten. Pasti trip-er sudah sering mendengar nama dari air terjun ini mengingat ada juga salah satu film horror memakai judul dengan nama air terjun pengantin. Langsung saja kita review seberapa horror air terjun ini,hehe.

Curug Panganten Cisarua Mari NGEtrip
Foto By : Sany

Curug Panganten adalah air terjun yang berada di ketinggian 1050 m dpl, Curug Panganten berlokasi di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Bandung. Curug Panganten memilki ketinggian terjunan air sekitar 50 meter dengan jatuhnya air terlihat seperti kristal berkilauan ditimpa sinar matahari. Curug Panganten ini berada di lembah yang hijau dan menyejukan. Curug Panganten ini memiliki dua aliran air terjun yang saling berdampingan, air terjun utama yaitu yang memiliki ukuran lebih besar dan deras, satu lagi yang berada di sebelahnya memiliki ukuran yang lebih kecil.

Rute menuju Curug Panganten ini cukup mudah. Patokan yang paling mudah adalah dengan mengunjungi kawasan Cisarua. Curug Panganten ini berjarak ± 7 Km dari Kota Cimahi dengan mengambil arah ke Parongpong. Curug Panganten ini  berada dekat dengan sebuah perumahan dan Wisata Alam Katumiri Parongpong. Akses jalan menuju Curug Panganten dari Wisata Alam Katumiri ini berjarak sekitar 2 Km, dengan sebelumnya menyusuri jalan setapak berkelok-kelok, berbatu yang licin dan becek jikalau hujan turun dengan sisi jurang dan semak belukar dan melewati perkebunan warga. Berikut ini adalah rute tercepat untuk menuju Curug Panganten apabila bertolak dari arah Bandung; Kota Bandung – Jl. Setiabudhi – Jl. Kolonel Masturi – Parongpong – Jl. Raya Cihanjuang – Jl. Katumiri (Wisata Alam Katumiri).

Curug Panganten Cisarua Mari NGEtrip
Foto By : Sany

Lalu mitos apa sebenarnya yang ada di balik penamaan Curug Pangantin ini? Sebelumnya Curug Panganten ini bernama Curug Manglayang, namun karena peristiwa sesuatu yang menjadi kepercayaan masyarakat disini (sepasang penganten mati bunuh diri dengan terjun atau versi lain hanyut oleh arus curug yang deras), maka curug ini dinamakan Curug Panganten. ada juga cerita lain yang menceritakan kalau pasangan pengantin tersebut tidak bunuh diri melainkan jatuh dan hanyut terbawa arus sungai. Entah mana yang benar.

Di balik mitos yang menyeramkan tentang Curug Pengantin, terdapat pemandangan yang indah dan juga alam sekitar yang masih sangat sejuk. Untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang ada di kawasan Curug Panganten ini, trip-er hanya perlu merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah/orang. Tapi bagi trip-er yang masuk melalui pintu masuk kawasan Wisata Alam Katumiri, maka kamu harus merogoh kocek lagi sebesar 6.000 rupiah/orang untuk tiket masuk tersebut. Serta tiket tersebut belum termasuk tiket parkir kendaraan kamu.

Curug Panganten Cisarua Mari NGEtrip
Foto By : Sany

Gimana trip-er, tertarik untuk berkunjung ke Curug Pengantin? Atau jangan-jangan malah takut dengan mitosnya,hehe. sekian dulu ulasan tentang Curug Pengantin, Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

0 Response to "Curug Panganten, Wisata yang Penuh dengan Mitos"

Posting Komentar