Pantai Licin, Keindahan dari Ujung Selatan Timur Kabupaten Malang

Pantai Licin, Keindahan dari Ujung Selatan Timur KabupatenMalang. Assalamualaiku trip-er, apa kabar? Semoga baik-baik saja yah. Kali ini Mari NGEtrip akan mereview tentang wisata pantai lagi setelah empat posting sebelumnya membahas tentang air terjun. Pantai yang akan kita bahas kali ini adalah Pantai Licin yang berada di Kabupaten Malang. Langsung saja kita review keindahan Pantai Licin ini.

Pantai Licin Malang Mari NGEtrip
Foto By : Rizqi

Pantai Licin secara administratif masuk wilayah Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, merupakan paling ujung selatan timur Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Licin ini mungkin memang belum setenar pantai-pantai di Malang lainnya seperti Pantai Tiga Warna atau Pantai Balekambang. Namun walaupun belum setenar pantai-pantai lainnya, Pantai Licin tidak kalah dalam urusan keindahan alamnya.

Pantai Licin Malang Mari NGEtrip
Foto By : Rizqi

Rute untuk menuju Pantai Licin adalah Dari arah Kota Malang Anda bisa menuju ke-arah Kecamatan Dampit lalu menuju jalan arah ke Kecamatan Tirtoyudo lalu Kecamatan Ampelgading. Setelah melewati jalur tersebut trip-er yang datang dari Kota Malang atau Lumajang bisa belok di pertigaan Sumberejo, Desa Tamansari, Ampelgading, dilanjutkan menuju Desa Lebakharjo. Perlu nyali tinggi untuk mencapai ke pantai ini karena baik menggunakan motor, apalagi mobil butuh konsentrasi dan fisik yang prima. Paling aman hanya berjalan kaki, namun jarak dari Desa Lebakharjo menuju pantai ini sangat jauh, sekitar 17 kilometer. Itupun dengan kondisi jalan yang menanjak dan menikung dengan kemiringan sampai 80 derajat. Jalannya hanya cukup untuk satu mobil, jika berpapasan dengan motor harus berhenti dulu dengan sedikit minggir. Salah sedikit saja risikonya cukup besar, karena di sisi kiri jalan merupakan jurang sangat curam. Sedangkan di sebelah kanan terdapat tebing tinggi yang dipenuhi bebatuan besar. Sepanjang 14 kilometer dari Desa Lebakharjo ke Dusun Licin memang sudah beraspal, sebagian juga sudah dicor. Namun tetap saja sulit bagi pengendara melewatinya. Masih ada sebagian jalan yang berupa tanah dan licin sehingga ada banyak pengendara motor terkadang sampai terpeleset jatuh. Setelah melewati perkampungan Dusun Licin, perjalanan masih harus melewati medan yang lumayan sulit terutama menjelang pantai. Jalannya tak kalah sempit dengan pintu masuk ke Dusun Licin dan berada di bibir jurang yang langsung ke pinggir pantai. Ada baiknya bagi trip­-er untuk datang pada musim kemarau karena beratnya medan.
UPDATE Jalur Alternatif Menuju Pantai Licin: pertigaan sriti - sidomukti - dusun licin. Jika dilihat dari Google Map, patokanya toko simpang tiga sriti taman ayu terus menuju Sidomukti, dari Sidomukti ke Dusun Licin menyebrang jembatan kayu.(mobil tidak bisa masuk)

Pantai Licin Malang Mari NGEtrip
Foto By : Rizqi

Keunikan dari Pantai Licin ini adalah seluruh hamparan pasirnya hitam legam padahal umumnya di semua pantai pasirnya putih maupun putih kecoklatan. Namun di Pantai Licin ini justru hitam dan ternyata pasir hitam ini dulunya pasir muntahan lahar meletusnya Gunung Semeru. Saking banyaknya pasir hitam yang terbawa arus air di Sungai Glidik masuk ke laut dan pasir ini terbawa ombak hingga menutupi pasir putih. Jadi, sebelum ada pasir hitam, pantai ini dulunya juga dipenuhi pasir putih seperti pantai-pantai yang lain. Ini merupakan fenomena alam yang langka karena sepanjang Pantai Licin hingga ke pantai yang masuk ke wilayah Lumajang semuanya terhampar warna hitam sehingga Pantai Licin terlihat semakin indah. Pada awalnya pantai ini sebenarnya bernama Pantai Pasir Putih karena hampir di seluruh pantai terhampar pasir putih yang sangat luas. Namun pada tahun sekitar 1960-an, kawasan tersebut terkenal cukup licin akibat lumut, maklum di sekitar pantai dan perkampungan saat ini dulunya hutan lebat dan menjadi tempat banjir. Lama-kelamaan seluruh tanahnya berlumut dan sangat licin, makanya sampai sekarang disebut Dusun Licin, pantainya juga disebut orang-orang dengan Pantai Licin.

Pantai Licin Malang Mari NGEtrip
Foto By : Rizqi

Bagaimana trip-er, tertatik untuk ngetrip ke Pantai Licin?? Siapkan kondisi fisik dan kendaraan yang prima ya sebelum ngetrip ke Pantai Licin. Sekian dulu review Pantai Licin, terimakasih untuk Mas Rizqi yang sudah mau berbagi fotonya. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

0 Response to "Pantai Licin, Keindahan dari Ujung Selatan Timur Kabupaten Malang"

Posting Komentar