Pulau Kainungan nan Cantik

Pulau Kainungan nan Cantik. Assalamualaikum trip-er, apa kabar? Semoga sehat selalu. Apa yan kira-kira trip­e-er pikirkan ketika mendengan kata Berau?. Langsung berfikir Pulau Derawan dengan keindahan alamnya yang sanagat memukau?. Kabupaten Berau merupakan salah satu daerah yang menyimpan sejuta potensi wisata terkait keindahan alamnya. Baik keindahan pesisir maupun alam bawah lautnya. Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Kabupaten Berau tentu tak asing lagi dengan nama Pulau Derawan. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara telah mengakui keindahan yang disuguhkan oleh pulau yang didominasi suku Bajau tersebut. Tak jarang, siaran televisi nasional memunculkan tayangan yang mengisyaratkan betapa ruginya wisatawan ketika tidak memasukkan Kabupaten Berau ke dalam list destinasi liburan mereka. Namun tahukah trip-er? Rupanya tak hanya Kepulauan Derawan yang dapat menjadi kebanggan Kabupaten Berau sebagai daerah wisata. Di ujung Berau, tepatnya di  Pesisir Selatan Berau, Kecamatan Biduk-Biduk, Kampung Teluk Sumbang, ada Pulau Kaniungan, yang siap menyambut wisatawan dengan pemandangan pasir pantai nan putih berpadu ribuan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Pulau Kainungan Berau
Foto By :  Limino

Nah kali ini Mari NGEtrip akan mereview Pulau Kaniungan denga ditemani foto dari Mas Limino. Pulau Kaniungan, memang belum banyak dikenal dikalangan wisatawan. Namun justru hal itu membuat kealamian yang ditampilkan pulau ini masih sangat terjaga, belum banyak tangan-tangan nakal yang menjamah keindahannya. Untuk bisa menikmati keindahan Pulau Kaniungan, wisatawan yang berangkat dari Tanjung Redeb melalui jalur darat menempuh perjalanan kurang lebih 5 hingga 6 jam menuju Kecamatan Biduk-Biduk. Setelah memasuki Kecamatan Biduk-Biduk, wisatawan bisa langsung menuju dermaga penyeberangan yang terdapat di Kampung Teluk Sulaiman. Nuansa desa masih sangat kental terasa tatkala mata memandang sepinggiran garis pantai yang juga dijadikan sebagai tempat peristirahatan ternak sapi milik warga setempat. Rasa lelah dan penat dalam perjalanan dijamin akan langsung terbayarkan oleh keindahan alam yang disuguhkan kampung ini.

Pulau Kainungan Berau
Foto By :  Limino

Dari Kampung Teluk Sulaiman, Pulau Kaniungan memang belum tampak kelihatan. Sebab untuk menjangkaunya, wisatawan harus lebih dulu menaiki kapal penyeberangan khusus yang dimotori oleh warga-warga setempat sebagai lahan mencari nafkah mereka. Wisatawan harus merogoh kocek kurang lebih Rp400 hingga Rp500 ribu untuk satu kapal yang mampu menampung 6 hingga 8 orang setiap kali penyebrangan. Tak kurang dari 15 menit wisatawan sudah bisa menyaksikan secara dekat keindahan Pulau Kaniungan. Begitu kapal merapat di pinggir pantai Pulau Kaniungan, wisatawan langsung dimanjakan dengan putihnya pasir pantai. Pasir pantai di pulau ini termasuk salah satu yang cukup bersih dan masih sangat alami, tidak ada sampah yang mengotorinya. Ribuan batang pohon kelapa tumbuh hampir diseluruh bagian pulau ini. Berdasarkan cerita yang beredar luas dikalangan warga Kecamatan Biduk-Biduk, pohon kelapa yang saat ini tumbuh bebas dan tak terbatas di pulau mereka merupakan hasil dari pertukaran budaya dengan masyarakat Sulawesi.

Pulau Kainungan Berau
Foto By :  Limino

Sekian dulu ulasan tentang Pulau Kainungan. Kalaulagi NGEtrip ke Berau jangan lupa mampir ke sini ya? Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

3 Responses to "Pulau Kainungan nan Cantik"