Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Liburan

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat LiburanAssalamualaikum Mari Ngetrip, sudah ngetrip kemana nih? sekarang sudah memasuki musim liburan, pasti banyak diantara kalian yang sudah merencanakan ingin liburan kemana. Ada baiknya Anda membaca tulisan ini sebentar. Ada beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan saat sedang traveling atau ngetrip ke suatu tempat wisata.


1. Membuang Sampah Sembarangan
Tumpukan Sampah di Ranukumbolo
Foto By : RRI.co.id

Hal pertama yang tidak boleh Anda lakukan sebagai traveler/triper adalah membuang sampah sembarangan. Jangan sampai Anda berwisata ke suatu tempat lalu di sana Anda dengan sembarangan membuang sampah. Ingat alam tidak bisa membersihkan dirinya sendiri beda dengan rumah Anda yang mungkin masih ada yang membersihkan baik itu Anda sendiri atau orang lain.
Tidak enak bukan apabila tempat yang memiliki pemandangan yang indah jadi terganggu oleh pemandangan sampah dan juga bau tidak enak yang ditimbulkannya. Apabila memang di tempat tersebut sudah banyak sampah yang berserakan, bukan berarti Anda bisa ikut-ikutan membuang sampah sembarangan. Bila Anda tidak mau membantu membersihkan sampah tersebut,setidaknya jangan menambah permasalahan dengan ikut-ikut membuang sampah sembarangan. 
Sampah kertas oleh pendaki gunung
Foto By :alfido.com

Ada lagi yang sedang marak juga saat ini yaitu membawa kertas tulisan saat ngetrip kemudian sampahnya dibuang begitu saja. Ini merupakan perilaku yang tidak baik.Memang tempat sampah di beberapa lokasi wisata masih sangat minim, namun apabila anda tidak menemukan tempat sampah, lebih baik Anda bawa dulu sampah Anda tersebut sampai menemukan tempat sampah. Ingat triper sejati itu pencinta alam, bukan perusak alam.

2. Mencoret-Coret Di Tempat Wisata
Coretan di tempat wisata
Foto By : Hipwee.com

Berikutnya yang tidak boleh Anda lakukan ketika sedang ngetrip mencoret-coret tempat tersebut demi eksis. Ini yang sekarang banyak terjadi dikalangan anak muda kita yang mulai mengikuti trend untuk ngetrip tapi mereka tidak tau caranya merawat keindahan alam hanya untuk gaya-gaya an saja. Bila Anda memang ingin mengabadikan keberadaan Anda di sana, cukuplah dengan berfoto saja tidak usah coret-coret sembarangan yang akan merusak pemandangan.

3. Melanggar Norma-Norma Setempat
Wisatawan harus memakai jarik saat masuk ke beberapa tempat wisata Bali
Foto By: Baligod.wordpress.com

Berikutnya yang tidak boleh dilakukan saat ngetrip  adalah melanggar norma-norma yang berlaku di daerah tersebut. “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung” ya pepatah itu mengartikan bahwa di tempat wisata yang kita datangi pasti ada hukum-hukum yang berlaku baik itu tertulis atau pun tidak dan kita harus mematuhi hukum-hukum tersebut.

4. Merusak atau Mengambil Sesuatu Tanpa Ijin
Memetik bunga edelwies sembarangan
Foto By: Kaskus

Larangan saat Anda berwisata yang selanjutnya adalah merusak alam. Jangan sampai Anda dengan seenaknya merusak alam dengan alasan apapun. Ingat yang menikmati alam itu bukan hanya kita namun juga anak cucu kita kelak.

Demikian beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Liburan. Semoga kita bisa melestarikan keindahan alam Indonesia sehingga anak cucu kita juga bisa menikmatinya juga. Jadilah trip-er yang dewasa dengan tidak melakukan hal-hal tersebut.
Berikut slogan yang harus dipakai oleh seorang traveler/triper/pecinta alam sesungguhnya
Take nothing but pictures (Jangan mengambil apapun kecuali foto)
Leave nothing but foot print (Jangan meninggalkan apapun selain jejak kai)
Kill nothing but time (Jangan bunuh apapun kecuali waktu)
Mari NGEtrip dan lestarikan alam Indonesia kita 

Related Posts:

0 Response to "Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Liburan"

Posting Komentar