Pesona Air Terjun Tibumana

Pesona Air Terjun Tibumana. Assalamualaikum trip-er, apa kabar nih? Sudah lama tidak posting destinasi wisata dari Bali setalah terakhir posting tentang Nusa Penida ( Baca : NUSA PENIDA EKSOTISME YANG TERSEMBUYI DI PULAU BALI), kali ini Mari Ngetrip akan berbagi info tentang destinasi di Bali lainnya yaitu Air Terjun Tibumana.

Air Terjun Tibumana Bali
Foto By : Wahyu

Air Terjun Tibumana atau disebut juga Tibumana Waterfall terletak di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Bangli, Bali. Lokasi Air Terjun Tibumana termasuk dalam kawasan wisata Bali Tengah lebih berdekatan dengan pusat pariwisata Ubud. Jarak air terjun Tibumana dari Denpasar sekitar 38 km atau bisa ditempuh dengan 1.25 jam berkendara. Jika trip-er bawa kendaraan bermotor maka parkir kendaraan di depan pura Dalem, di sini sudah ada petunjuk untuk akses ke air terjun, melalui sisi pura tersebut perjalanan dilanjutkan, dengan bayar tiket masuk Rp 5.000/orang. Melalui jalan setapak kemudian dua buah jembatan dari kayu, sehingga tetap terlihat alami, perjalanan di tengah rindangnya pepohonan, menyaksikan aliran sungai yang jernih dan tebing-tebing alami, ini tidak kalah serunya, bisa menjadi perjalanan petualangan menyenangkan.

Air Terjun Tibumana Bali
Foto By : Wahyu

Tinggi air terjun Tibumana berada pada sebuah bidang tebing melengkung seperti berada pada sebuah lingkaran, sekitar 20 meter dibelakang air terjun tersebut ada sebuah gua sempit yang konon tembus ke Goa Raja di kawasan pura Besakih namun belum ada yang membuktikan kebenaran tersebut. Airnya sangat deras mengguyur, kolam penampungan di bawah air terjun juga terlihat cukup dalam, terbukti dengan warna biru tua air dibawahnya menandakan cukup dalam. Arti kata “tibu” sendiri bermakna kubangan atau palung sungai dalam. Alam sekitarnya indah, pohon-pohon tumbuh rindang, tumbuhan perdu terlihat menempel pada dinding tebing, tebing di sekitar aliran air terjun ditumbuhi oleh lumut, sehingga alamnya hijau asri, bekas-bekas lonsgoran masih terlihat di tempat ini, jadi perlu tetap waspada terutama pada musim hujan.

Air Terjun Tibumana Bali
Foto By : Wahyu

Air Tejun Tibumana ini mempunyai keunikan yang sangat berbeda dari air terjun lainnya. Orang-orang juga menyebutnya air terjun kembar. Itu karena ada dua air terjun yang mengalir secara berdampingan. Jika dilihat aliran airnya memang mirip, jadi pantas saja air terjun ini disebut air terjun kembar. Tetapi kadang-kadang salah satu air terjunnya berhenti mengalir. Kadang juga yang satunya deras, sedangkan satunya lagi tidak begitu deras. Debit air terjun ini tidak menentu, dan akan lebih deras lagi saat musim hujan.

Sekin ulasan tentang Air Terjun Tibumana, Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

2 Responses to "Pesona Air Terjun Tibumana"