Surga Terpencil Bernama Pulau Peucang

Surga Terpencil Bernama Pulau Peucang. Assalamualaikum trip-er, apa kabar? Semoga pada baik semua yah. Belum lama ini mimin posting wisata dari Provinsi Banten yaitu Tebing Koja. Kalau trip-er belum sempat baca, silakan baca dulu ini ( Tebing Koja, Destinasi Hits di Tanggerang ). Kali ini masih dari Provinsi Banten yang akan mimin bahas, bedanya ini dari daerah Ujung Kulon yang sudah sangat terkenal akan keindahan alam di Ujung Kulon, salah satunya adalah Pulau Peucang yang juga dijuluki sebagai surge terpencil dari Ujung Kulon. Seperti apa keindahan sebenarnya dari Pulau Peucang ? mari kita ulas bareng.

Pulau Peucang Ujung Kulon Mari Ngetrip
Foto By : Michael Adhiyatama

Pulau Peucang merupakan pulau yang terdapat di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini bersama Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sehingga tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Taman Ujung Kulon, juga berkunjung ke pulau berpasir putih ini. Hebatnya lagi Pulau Peucang ini masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia yang diberikan oleh UNESCO. Hal ini disebabkan letaknya tidak terlalu jauh dari Balai Konservasi atau Taman Nasional Ujung Kulon. Rute untuk menuju Pulau Peucang hanya bisa dicapai dengan perahu dari Sumur Dock atau Tanjung Lesung Resort (Baca : Tanjung Lesung, Wisata Bahari Dari Banten ), atau dengan kapal cepat dari pusat wisata Pantai Carita. Perahu untuk perjalanan dari Sumur Dock ke Pulau Peucang berlangsung sekitar 3-4 jam tergantung pada cuaca dan ombak.

Pulau Peucang Ujung Kulon Mari Ngetrip
Foto By : Michael Adhiyatama

Sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, di pulau ini dapat dijumpai berbagai satwa seperti Rusa (Cervus timorensis), Banteng Jawa (Bos sundaicus), Merak Hijau (Pavo muticus), Lutung (Trachypithecus auratus auratus), Kijang, Babi Hutan (Sus verrucosus) dan Biawak. Hutan Pulau Peucang merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Flora di kawasan ini di antaranya merbau (Intsia bijuga), palahlar (Dipterocarpus haseltii), bungur (Lagerstroemia speciosa), cerlang (Pterospermum diversifolium), dan ki hujan (Engelhardia serrata). Selain itu juga ada pohon Ficus atau ara pencekik, tumbuhan parasit yang melilit pohon lain untuk hidup. Biasanya pohon inangnya akan mati jika aranya menjadi dewasa.

Pulau Peucang Ujung Kulon Mari Ngetrip
Foto By : Travel.tribunnews

Pantai pulau ini teramat indah dengan hamparan pasir putih dengan laut hijau muda kebiru-biruan. Warna biru lautnya sangat ideal untuk kegiatan berenang, menyelam, memancing, atau snorkeling. Penamaan Pulau Peucang ini adalah menurut sejarahnya diambil dari nama sebuah hewan yang sejenis dengan siput yang banyak di temukan di wilayah pantai Peucang ini. Hewan tersebut banyak disebut dengan istilah “mata peucang”. Maka dinamakanlah pulau ini sebagai Pulau Peucang. Namun jika dikaitkan dengan istilah “peucang” dalam bahasa sunda artinya menjadi kancil.

Pulau Peucang Ujung Kulon Mari Ngetrip
Foto By : Michael Adhiyatama

Gimana trip-er ? indah gak Pulau Peucang ini ? tertarik untuk ngetrip ke Pulau Peucang ? sedikit tips bagi trip-er yang ingin ngetrip ke Pulau Peucang jika berencana untuk menjelajah ke hutan trip-er harus mengenakan celana panjang dan sepatu tertutup (tidak sandal). Ketika berjalan di pulau, trip-er perlu hati-hati terhadap monyet karena mereka kadang-kadang akan mencoba untuk mengambil beberapa barang-barang Anda seperti topi, kacamata hitam, kamera, atau yang lainnya. Sekian dulu ya, mari ngetrip ke Pulau Peucang dan terus lestarikan keindahan alam dan Wisata Indonesia.

Related Posts:

2 Responses to "Surga Terpencil Bernama Pulau Peucang"

  1. ahhh.. suka deh dengan pulau peucang. udah 2 kali kesini masih aja pengen kesini lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihh,,keren kak,, boleh dong kapan2 kalau ngetrip gitu fotonya dishare,,hehe

      Hapus