Air Terjun Sanghyang Taraje yang Keren Banget

Air Terjun Sanghyang Taraje yang Keren Banget. Assalamualaikum trip-er, apa kabar nih ? semoag baik-baik saja. Ada yang sudah pernah mendangar Curug Sanghyang Taraje ? mimin masih baru pertama kali ini mendengar Curug Sanghyang Taraje, karena mungkin nama ini diambil menggunakan bahasa daerah. Setelah mendapat kiriman foto dari Mas Guntara tentang Curug Sanghyang Taraje ini ternyata keren juga lokasinya. Oke trip-er langsung saja kita bahasa Curug Sanghyang Taraje ini, mari!.

Curug Sanghyang Taraje Garut Mari NGEtrip
Foto By : Rita


Curug Sanghyang Taraje Garut Mari NGEtrip
Foto By : Mas Guntara

Curug Sanghyang Taraje terletak di Desa Cibuluh, Cikajang, Jatiwangi, Pakenjeng, Jatiwangi, Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Curug Sanghyang Taraje mempunyai jarak sekitar 50 KM dari Kota Garut yang bisa ditempuh kurang dari 2 jam menggunakan sepeda motor. Rute untuk menuju Curug Sanghyang Taraje adalah ke arah Kecamatan Cikajang. Di pertigaan sebelum pusat Kecamatan Cikajang, ambil jalur ke sebelah kanan yang menuju ke kecamatan Kecamatan Bungbulang. Setelah melewati Objek Wisata Curug Orok dilanjutkan masuk ke Kampung Cisadaan, Desa Pananjung, Kecamatan Pamulihan terdapat pertiggan, belok kanan menuju Desa Pakenjeng. Moda transportasi mudah menggunakan kendaraan pribdadi. Alternatif lainnya adalah menggunakan angkot jurusan Cikajang-Pananjung, kemudian dilanjut dengan ojek. Kondisi jalan hingga kota Kecamatan Pamulihan lebih dari 90% sudah mulus, selanjutnya ke lokasi baru setengahnya yang tampak baru ada perbaikan dan sangat mulus dilalui kendaraan, sisanya masih cukup mudah dilewati hingga Desa Pakenjeng. Dari desa terakhir ini jalannya sudah mulai sedikit menantang. Jalanan batu yang mudah lepas dari posisinya dan hanya cukup untuk satu jalur mobil saja. Bergerak pelan menuruni sisi tebing yang sisi kanannya jurang sangat dalam, sedikit meningkatkan adrenalin. Mendekati curug bisa mengikuti jalan setapak yang ada di kiri pondok usang tadi. Jalan ini merupakan akses warga menuju sawahnya yang dialiri air langsung dari air terjun. Cukup mudah dilewati namun akan cukup licin saat bercampur dengan air hujan.

Curug Sanghyang Taraje Garut Mari NGEtrip
Foto By : Rita


Kata Sanghyang merupakan sebutan kehormatan untuk dewa/raja zaman dulu. Sedangkan Taraje dalam bahasa sunda berarti tangga. Sehingga secara umum curug ini berarti tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan. Konon katanya, kenapa dinamai Curug Sanghyang Taraje karena masih ada kaitannya dengan legenda salah satu anak Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran, yaitu Kian Santang. Kian Santang yang hendak mengambil bintang untuk Dayang Sumbi melewati curug ini. Maka dinamailah curug ini Sanghyang Taraje. Dan, berdasarkan cerita di area curug ini Kian Santang menyimpan salah satu benda berharganya dan dijaga oleh ular yang sangat besar, penduduk sekitar kadang masih suka ngeliat penampakan dari ular besar tersebut.

Curug Sanghyang Taraje Garut Mari NGEtrip
Foto By : Mas Guntara

Curug Sanghyang Taraje adalah air terjun yang berada di ketinggian 660 mdpl dengan ketinggian air terjunnya hamper 100 meter dengan dua curahan air terjun. Selain memiliki panorama alam yang sangat indah, Curug Sanghyang Taraje juga digunakan warga untuk kebutuhan irigasi baik untuk pertanian dan perikanan. Garut memamng memiliki banyak curug yang menarik dan juga punya cerita masing – masing. Sebelumnya mimin pernah membahas tentang Curug Rahong ( Baca : Curug Rahong, Icon Wisata dari Cisewu ). Gimana trip-er tertarik untuk ngetrip ke Curug Sanghyang Taraje? Sekian dulu ulasan mengenai Curug Sanghyang Taraje, mulai dari lokasi, rute, dan sejarah dibalik penamaanya. Mari ngetrip ke Garut dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

0 Response to "Air Terjun Sanghyang Taraje yang Keren Banget"

Posting Komentar