jejeran curug dalam satu tempat

jejeran curug dalam satu tempat. Assalamualaikum trip-er, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi informasi wisata curug dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak bisa dipungkiri lagi kalau di Provinsi Jawa Barat ini sangat terkenal dengan curug-curug nya yang sangat indah, seperti (baca : Curug Citambur yang Memukau) hingga ( baca : Curug Ciastana) . Dan yang akan kita bahas kali ini juga tidak kalah indahnya. Langsung saja kita bahas curug tersebut.

                                                                 Foto By : Intan Julia

Curug Cikaso atau yang memiliki nama asli Curug Luhur ini salah satu curug yang terletak di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di namakan Curug Cikaso, karena aliran nya berasal dari sungai Cikaso. Curug Cikaso memiliki ketinggian 80 m dan lebar 100 m. Salah satu keindahan dari curug ini adalah, adanya 3 air terjun sekaligus. Yang sebelah kiri bernama Curug Aseupan, di tengah bernama Curug Meong, dan sebelah kanan bernama Curug Aki. Ketiga aliran ini langsung ditampung oleh kolam bewarna hijau kebiru-biruan yang berada dibawahnya.

Dibawah Curug Cikaso ini terdapat muara yang bernama Tegal Buleud, air muara ini berasal langsung dari kolam yang terdapat di curug. Muara ini lumayan luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuh wahana air. Seperti berkeliling muara dengan naik perahu, dan memancing. Untuk menikmati pemadangan muara dengan naik perahu, biaya tarif sewanya sekitar Rp.60.000 untuk 10 orang/1 perahu. Muara ini juga sangat dalam, dihimbau buat trip-er untuk lebih berhati-hati.

                                                                 Foto By : Intan Julia

Untuk menuju ke Curug Cikaso ini, trip-er memiliki pilihan moda transportasi,seperti kendaraan pribadi (mobil, motor) atau angkutan umum. Tetapi disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih nyaman. Rutenya, bila dari daerah Sukabumi, arahkan kendaraan ke daerah Jampang Kulon dan kemudian ke daerah Surade. Di tengah-tengah perjalanan menuju Surade, belok kiri di pertigaan dan menuju jalan Cikaso. Jarak nya sekitar 8 km, dan sudah banyak papan petunjuk jalan yang mengarah ke Curug Cikaso. Bila masih bingung, trip-er bisa menggunakan aplikasi google maps.

Apabila trip-er memilih untuk meggunakan angkutan umum, bisa menggunakan bus dari Bandung atau Sukabumi dengan tujuan Surade. Sesampainya di Surade, naik angkot tujuan Cikaso, tarifnya sekita 6-10 ribu. Kemudian turun di jalan raya Cikaso, tepatnya di pertigaan menuju curug. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 km melewati area persawahan. Sesampainya di lokasi parkir kendaraan, trip-er masih harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk benar-benar sampai di Curug Cikaso. Pemandangan selama perjalanan sangat indah, sehingga tidak terasa kalau sudah berjalan jauh hihihi...

                                                                 Foto By : Intan Julia

Curug Cikaso juga memiliki mitos yang diyakini masyarakat setempat. Konon Curug Cikaso ini memiliki penunggu, yaitu Nyai Blorong penunggu dari Curug Aseupan, Eyang Santang dari penunggu Curug Meong, dan Prabu Siliwangi penunggu dari Curug Aki. Buat trip-er yang berkunjung ke Curug Cikaso diharapkan bisa mematuhi peringatan yang disampaikan oleh pihak Curug dengan sebaik-baiknya.

                                                                 Foto By : Intan Julia

Gemuruh air yang jatuh dari curug ini ditambah dengan hijaunnya pepohonan, membuat ketenangan jiwa yang hqq. Gimana trip-er, tertarik berkunjung ke Curug Cikaso ? Sekian dulu pembahasan kita kali ini. Mari ngetrip ke Sukabumi dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

0 Response to "jejeran curug dalam satu tempat"

Posting Komentar