Keunikan Pantai dan Air Terjun di Pantai Banyu Tibo


Keunikan Pantai dan Air Terjun di Pantai Banyu Tibo. Assalamualaikum trip-er, apa kabar nih. Pada kesempatan kali ini mimin ingin berbagi informasi wisata dari Kota Pacitan untuk pertama kalinya. Pacitan memang merupakan salah satu kota tujuan wisata yang terkenal karena memiliki 1001 goa. Selain itu, Pacitan juga menyuguhkan wisata pantai yang sangat menawan seperti Pantai Banyu Tibo ini. Jika trip-er ingin ngetrip ke Pacitan, maka tempat yang paling direkomendasikan salah satunya adalah Pantai Banyu Tibo ini. Oke langsung saja ya kita bahas bareng keunikan dari Pantai Banyu Tibo. Mari!.

Pantai Banyu Tibo Pacitan Mari Ngetrip
Foto By : Ika

Pantai Banyu Tibo ini berada di pinggiran Pacitan bagian selatan. Tepatnya di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan Jawa Timur. Untuk mencapai ke sana, rute Pantai Banyu Tibo Pacitan Jatim yang bisa trip-er pilih sangat bervariasi, tergantung dari mana trip-er menentukan titik keberangkatan. Lokasi pantai ini berada sekitar 40 km dari pusat Kota Pacitan ke arah barat, dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi selama kurang lebih satu jam. Jika trip-er dari arah barat, trip-er dapat mengikuti rute Pantai Banyu Tibo dari Solo. Jaraknya memang cukup jauh, dengan jarak sekitar 100 km atau sekitar 3 – 4 jam. Jika trip-er dari Solo, terdapat dua rute alternatif, bisa melalui Pracimantoro atau Kota Wonogiri. Kedua rute tersebut sama – sama nyaman, tergantung trip-er mau melewati jalan yang mana. Jika trip-er menggunakan kendaraan pribadi, sepanjang perjalanan jangan lupa menikmati pemandangan sekitar ya. Pepohonan hijau yang berbaris sangat mengindahkan mata sepanjang perjalanan. Bagi trip-er yang bepergian dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat tidak perlu khawatir akan jalan menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan. Jalan menuju pantai dapat dibilang mulus, meskipun jalannya berkelak – kelok, namun trip-er tidak perlu khawatir karena kondisi jalan sangatlah baik.

Pantai Banyu Tibo Pacitan Mari Ngetrip
Foto By : Ika

Untuk harga tiket masuk Pantai Banyu Tibo Jawa Timur ini tidak terlalu mahal, masih sangat terjangkau. trip-er tidak perlu khawatir untuk biaya masuk, karena untuk anak – anak sendiri akan dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah per orang ketika hari biasa, dan 3.000 rupiah ketika hari libur. Sementara, untuk dewasa akan dikenakan biaya 3.000 rupiah per orang ketika hari biasa dan 5.000 rupiah ketika hari libur. Untuk parkir pun relatif murah hanya 5.000 untuk parkir mobil. Sangat terjangkau bukan? Jadi trip-er tidak perlu khawatir bahwa datang ke pantai ini akan membuat kantong trip-er semakin tipis. Pantai Banyu Tibo ini jika dilihat sebenarnya memiliki bibir pantai yang tidak terlalu panjang. Sedikit berbeda dengan pantai – pantai di Pacitan yang lain seperti Pantai Srau, Pantai Klayar, atau Pantai Soge. Namun ada satu yang tidak dimiliki pantai – pantai tersebut yaitu air terjun yang airnya langsung jatuh ke pantai, suatu keindahan yang menjadi keunikan tersendiri bagi pantai ini. Bahkan, ketika musim kemarau datang, air terjun ini tidaklah kering, namun tetap mengalir jatuh ke pantai. Meskipun air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini tetaplah sangat indah bila dipandang. Itulah alasana kenapa pantai ini dinamai Pantai Banyu Tibo yang dalam bahasa jawa artinya “air jatuh”.

Pantai Banyu Tibo Pacitan Mari Ngetrip
Foto By : Ika

Itulah beberapa informasi tentang keindahan dari Pantai Banyu Tibo Pacitan. Bagaimana trip-er, tertarik untuk ngetrip ke Pantai Banyu Tibo? Mari ngetrip ke Pacitan dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

4 Responses to "Keunikan Pantai dan Air Terjun di Pantai Banyu Tibo"

  1. Wow,foto yang sama air terjun nya bikin menggoda min

    BalasHapus
  2. air terjun di pantai??
    Keren sekali euy!!

    BalasHapus
  3. Wow.. Keren juga ni pantainya..
    Udah pernah ke dua pantai di barat sama timur Pantai Banyutibo ini, tapi belum pernah ke sininya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap kak,,lain kali ngetrip ke sini aja hhee

      Like Fanspage kita ya kak di facebook.com/maringetrip

      Hapus