Keindahan Air Terjun Lepo

Keindahan Air Terjun Lepo. Assalamualaikum trip-er, ngetrip kemana weekend ini? Bila belum punya tujuan mau ngetrip kemana, berikut Mari NGEtrip berikian sedikit referensi tempat wisata dari Jogja. Bukan pantai yang akan kita bahas di sini, melainkan air terjun. Yap, Air Terjun Lepo namanya. Sudah pernah dengar? Atau bahkan sudah pernah kesini? Jika belum yuk simak ulasan berikut tentang Air Terjun Lepo dengan foto-foto dari Mas Ari.

Foto By :  Mas Ari

Air Terjun Lepo atau Grojogan Lepo atau da juga yang menyebut Curug Lepo terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Jogjakarta, berjarak sekitar satu setengah jam dari Yogya. Paling tidak ada dua rute untuk sampai ke Grojogan Lepo/Air Terjun Lepo. Yang pertama, bagi trip-er yang berada di wilayah Wonosari, kalian bisa menuju Dlingo lewat Pathuk, Gunungkidul. Selain itu, bagi para pengunjung yang berasal dari wilayah kota, akan lebih mudah jika kalian lewat Jalan Imogiri Timur menuju ke Dlingo. Keduanya akan sampai di Pasar Dlingo, dari sini kita akan menemukan kantor kecamatan dan menuju Dusun Pokoh 1. Jalan cor blok akan menuntun kita untuk sampai ke tempat tujuan. Untuk Mencapai Grojogan Lepo jangan malu untuk bertanya menduduk sekitar, karena beberapa papan penunjuk (terbuat dari kertas dilaminating) sudah pudar dan tidak begitu jelas.

Setelah sampai di lokasi trip-er harus memarkir kendaraan di halaman penduduk setempat dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 200m menuju Air Terjun Lepo. Suasana di Air Tejun Lepo ini masih terbilang sepi, namun begitu keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Suara gemericik air yang semakin terdengar jelas ketika mendekati lokasi Air Terjun Lepo. Tidak seperti air terjun lainnya, untuk sampai ke air terjunnya, trip­-er harus menuruni sungai tersebut. Grojogan Lepo ini terdiri dari tiga tingkatan besar di mana di setiap tingkatan memiliki kedung tersendiri yang cocok untuk bermain air. Tinggi tiap-tiap grojogan juga beragam, sekitar 1-2 meter hingga 10meter, memang tidak terlalu tinggi tapi karena itulah yang menjadikan tempat ini terlihat indah dan cocok untuk melepas lelah karena bentuknya ‘seperti taman dibelakang rumah’ dengan grojogan yang tidak terlalu tinggi dengan hamparan sawah dan udara sejuknya.

Foto By :  Mas Ari

Tingkatan pertama merupakan tingakatan paling cantik, memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing batu kapur dengan tekstur yang unik menjadikannya seperti air terjun pribadi yang cocok dinikmati satu dua orang saja. Kedung pada air terjun ini pun tidak dalam sehingga kita bisa melihat dasarnya. Airnya yang jernih dan kombinasi bentuk batuan kapur yang unik membuatnya terlihat cantik dan memikat. Tingkatan kedua merupakan tingkatan paling unik, dengan ketinggian sekitar 5 meter. Di sini bebatuan yang ada seolah-olah dibuat oleh manusia. Mereka berbentuk balok-balok besar yang tersusun rapi. Sama halnya dengan tingkatan pertama, kedung pada tingkatan kedua ini juga bisa digunakan untuk bermain air. Tingkatan terakhir dari Grojogan Lepo ini merupakan yang paling alami. Bentuknya seperti air terjun pada umumnya namun memang tidak terlalu tinggi. Di sini juga terlihat kedung yang lebih dalam dan luas dibandingkan dengan kedung-kedung sebelumnya.


Foto By :  Mas Ari

Itulah ulasan Mari NGEtrip tentang Air Tejun Lepo. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan di lokasi manapun saat ngetrip ya. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

0 Response to "Keindahan Air Terjun Lepo"

Posting Komentar