Menilik Keindahan Air Terjun Coban Jodho di Malang

Menilik Keindahan Air Terjun Coban Jodho di Malang. Assalamualaikum trip-er, apa kabar? Mari NGEtrip kali ini akan coba membahas salah satu tempat wisata dari Malang, yaitu Coban Jodho. Langsung saja ya kita bahas Coban Jodho.

Foto By : Fikri

Coban Jodho adalah air terjun yang bisa diakses dari jalan dusun Bendolawang desa Ngadirejo kec Jabung, Kabupaten Malang. Coban Jodho masih tergolong baru dan belum digolongkan tempat wisata pada umumnya. Akses jalan menuju ke Coban Jodho pun masih dalam perbaikan di sana sini.

Foto By : Tyo

Rute menuju Coban Jodho adalah Dari arah jalan LA Sucipto Malang/ Stasiun Blimbing Malang, perjalanan dapat ditempuh sejauh 14 km ke arah Kecamatan Tumpang. Sesaat setelah memasuki gerbang masuk Kota Tumpang, tepatnya jalan raya Jeru (Kenongo), terdapat pertigaan jalan raya. Jalan yang belok ke kiri ke arah desa Ngadirejo, sedangkan yang lurus ke arah kecamatan Tumpang. Di sini terdapat papan penunjuk ke beberapa air terjun lainnya, yaitu Coban Jahe, Coban Siuk. Di sini juga terdapat pangkalan ojek Kenongo yang bisa mengantar ke dusun Bendolawang ds Ngadirejo apabila perjalanan di tempuh dengan angkutan umum. Dari simpang Kenongo, perjalanan sampai ujung jalan raya Ngadirejo dapat ditempuh kurang lebih 13 menit (6,2 km). Di kanan kiri jalan banyak ditemui kebun singkong yang merupakan salah satu komditi andalan desa Ngadirejo. Dari ujung aspal dusun Bendolawang, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki atau memakai motor / mobil offroad menyusuri jalan berbatu (makadam) sepanjang kurang lebih 1 km. Di beberapa bagian jalan, terdapat cor semen yang cukup membantu para pengendara motor. Sesuai petunjuk penduduk setempat, dari jalan makadam ini dapat ditemui di sebelah kanan, jalan setapak selebar kurang lebih 1 m yang menuju ke arah air terjun. Jalan setapak ini menyusuri perkebunan kopi yang cukup rindang dan nyaman untuk sekedar beristirahat sejenak. Setelah berjalan sekitar 15 menit, kita akan bertemu dengan air terjun pertama yang tidak terlalu besar di sisi kiri tebing. Debit airnya kecil dan hanya mengeluarkan suara gemericik air, sehingga disebut Coban Kricik oleh warga sekitar.

Foto By : Fikri

Apabila kita ke Coban Jodho, kita bakal menemui banyak air terjun, ada sekitar 5 air terjun. Dan itu dinamai dengan Air Terjun Jodho 1 sampai 5. Yang paling besar dan paling deras itu coban yang paling terakhir dan disebut Coban Jodho 1 atau "Coban Jodho" saja.

Sekian dulu review Mari NGEtrip tentang Coban Jodho. Mari ngetrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Related Posts:

0 Response to "Menilik Keindahan Air Terjun Coban Jodho di Malang"

Posting Komentar